Senin, 14 Juli 2014

Perhitungan Resmi KPU, Jokowi-JK Raih 64% Suara di Salatiga

SALATIGA-Penghitungan suara Pilpres di Salatiga telah menyelesaikan hitungan di tingkat PPK (Kecamatan) kemarin. Dari seluruh empat kecamatan yang ada, suara capres Jokowi-JK mendominasi dengan raihan 68.664 (64 persen) suara sedangkan suara sisanya diraih Prabowo-Hatta yaitu 38.628 (36 persen).

Divisi penghitungan Suara KPU Salatiga, Dayusman Junus mengatakan, proses penghitungan di tingkat PPK ini berjalan lancar tanpa ada keberatan dari para saksi. Selanjutnya penghitungan di tingkat KPU Kota Salatiga akan digelar 16 Juli.

"Tidak ada kendala berarti dalam penghitungan suara setidaknya hingga tingkat PPK. Kita masih menunggu penghitungan tingkat KPU Salatiga dan semoga lancar-lansar saja," katanya.

Dayusman menyebut, ada sedikit persoalan namun bisa teratasi seperti tertukarnya DPT di sebuah TPS di Sidorejo Kidul. Persoalannya, pemilih hanya menujukkan KTP tetapi dimasukkan ke daftar pemilih tambahan. Padahal yang bersangkutan sudah terdaftar di DPT tersebut.

"Sudah diselesaikan di tingkat PPK. Intinya masalah hasil, semua saksi tidak mempermasalahkan," katanya.

Mantan aktivis LSM Percik ini mengatakan, meski pemenangnya di Salatiga sudah diketahui, tetapi pihaknya mengimbau masyarakat pendukung capres untuk bisa menahan diri. Sebab, kemenangan akan ditentukan KPU Pusat pada 22 Juli. Suara-suara dari TPS akan dikumpulkan secara nasional dan dijumlah dengan peraih suara terbanyak akan memenangi Pilpres.

"Kami belum tahu siapa pemenangnya. Kita tunggu saja dan jangan berpatokan pada hitung cepat (quick count). Terpenting masyarakat bersabar," katanya.

Kalah

Ketua DPD Gerindra Salatiga, Dyah Sunarsasi mengakui calon yang didukung yaitu Prabowo-Hatta kalah di Salatiga. Tetapi dia enggan berbicara secara nasional karena proses perhitungan masih berlangsung.

"Kenyataanya di Salatiga memang seperti itu. Kita terima saja dan legawa. Tetapi kalau secara nasional kita tunggu saja," katanya.

Sementara itu Sekretaris DPC PDIP Salatiga Dance Iskak Palit mengaku puas atas hitungan di tingkat PPK. Pasalnya data yang dikumpulkan dari para saksinya di TPS ternyata tidak berubah ketika sampai di PPK. Pihaknya akan terus mengawal hingga ke KPU.

"Tidak ada persoalan perhitungan di tingkat PPK. Semua berjalan lancar. Data kami sesuai dengan hasil di PPK," katanya.

Link : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/07/14/267300/Perhitungan-Kecamatan-Selesai-Jokowi-JK-Raih-64-Persen
(Dian/SM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar