Senin, 14 Juli 2014

Tradisi Makan Ambeng Pondok Pesantren Salatiga




SALATIGA-Setiap bulan Ramadan jelang buka puasa, kesibukan para santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Salatiga, Jawa Tengah, tampak ramai.

Setelah selesai mengaji bersama, para santri berbondong-bondong menuju rumah warga untuk mengambil makanan berbuka puasa yang telah disediakan di dalam ambeng.

Setiap pagi, para santri membagikan ambeng atau tampah tempat makanan ke rumah warga. Pada sore harinya, para santri mengambil kembali ambeng yang telah diisi berbagai makanan oleh warga. Warga sekitar secara ikhlas memberikan menu buka puasa secara bergantian.

Saat azan magrib, para santri pun berbuka bersama dengan makan dalam 1 ambeng. Biasanya 1 ambeng dimakan hingga 8 orang. Meski memakannya dengan cara dipuluk atau menggunakan jari tangan tanpa sendok, para santri begitu menikmati menu buka dari warga.

Bagi warga sekitar, menyediakan menu buka puasa untuk para santri merupakan tradisi setiap bulan Ramadan. Hal itu juga dilakukan sebagai bagian dari ibadah di bulan Ramadan, yakni memberikan makanan bagi orang lain untuk berbuka puasa.

Sala3Nostalgia/Dian/L6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar